Rabu, Juni 03, 2015
0
PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA

Assalamu'alaikum wr.wb

     Hy guys, kali ini saya akan memposting tentang perkembangan islam di indonesia, postingan ini hanya sebagai pengingat agar blogger sekalian tidak melupakan agama, yang hanya terfokuskan kepada materi" atau hal di dunia. Ok, langsung aj ya ke penjelasannya.


     Banyak teori yang menjelaskan mengenai kedatangan islam ke indonesia, baik mengenai asal-usul, waktu dana para pembawanya. Diantaranya ada yang mengatakan bahwa agama islam datang langsung dari timur tengah, langsung dari arab dan sudah terjadi pada abad pertama hijriyah. Hal itu di buktikan dengan ditemukannya beberapa situs kuno di sumatera. Bukti itu di perkuat dengan informasi data yang diperoleh  dari berita seorang pendeta Budha dari Cina bernama I-Tsing, bahwa sekitar tahun 674 M sudah ada sebuah  perkampungan Arab di Sumatera Selatan. I-Tsing menyebutnya dengan Po-sse dan Ta-shih. Mereka mendapat fasilitas perkampungan di palembang dan dari situ, antara lain, agama Islam tersebar. Islam yang datang kesini berasal langsung dari arab, bukan persia atau india.
     
     Selain itu, di temukan istilah bersila dalam nomenklatur Melayu. Kata ini menunjukan adanya hubungan antara raja budha  di palembang dengan mesyarakat non Budha Hindu,yang tidak menyembah selain kepada Tuhan. Mereka ini bisa diidntifikasi sebagai umat islam pertama di indonesia .

      Kemudian pada masa-masa sesudahnya, hubungan perdagangan antara kerajaan-kerajaan Nusantara dengan kerajaan, seperti india  dan timur tengah, semakin intens dilakukan. Hubungan ini semakin memperteguh usaha umat islam untuk menyebarkan ajaran islam ke tengah-tengah masyarakat indonesia.

      Selain itu, di temukan juga bukti-bukti peninggalan sejarah di aceh dan jawa timur, terutama di Leran, Gresik. Di Leran, ditemukan makam Fathimah binti Maimun, salah seorang saudagar muslim yang meniggal dan di  makamkan di Gresik.

      Terdapat teori lain yang di kembangkan oleh C. Snnouck Hurgronye. Dalam teorinya ia mengatakan bahwa agama islam  masuk ke indonesia bukan dari Arab, Tetapi dari Gujarat, India. Hal itu dibuktikan dengan adanya unsur lokal yang berpengaruh dalam pengembangan ajaran Islam di Nusantara. Para penyebar islam menggunakan cara-cara perdagangan , perkawinan, pendidikan dan tasawuf dalam penyebaran islam.

Demikianlah sedikit penjelasan saya tentang perkembangan islam di indonesia, maaf bilan ada sedikit kesalahan.
Terimakasih.....
Wassalamu'allaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar